Resep Buras Khas Sulawesi Selatan

Resep Buras Khas Sulawesi Selatan secara umum kita mengenal  yaitu sebuah olahan beras yang dibungkus oleh anyaman daun pisang yang dihidangkan bersama dengan opor ayam ketika lebaran tiba. Seperti ketupat, Buras juga menjadi sebuah tradisi tersendiri untuk hidangan ketika hari raya Idul Fitri tiba yang disajikan bersama dengan opor dan juga coto Makassar. Akan tetapi kuliner khas Sulawesi Selatan ini memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma yang khas karena dalam memasaknya juga disertakan santan dan beberapa bumbu lainnya.
Perbedaan lainnya adalah buras dibungkus oleh daun pisang yang diikat oleh tali dan bentuknya persegi agak pipih namun tetap terlihat menarik dan juga alami. Sayangnya untuk daerah lain sangat sulit untuk bisa kita temukan para pembuatnya, oleh karena itu jika anda penasaran ingin mencicipinya mari kita membuatnya sendiri dan berikut adalah resepnya.
Resep buras sulawesi selatan

Bahan yang diperlukan untuk membuat buras :
  •     1000 g beras, cuci dan tiriskan
  •     500 cc santan kental dari ½ kelapa
  •     1 sdt garam
  •     2 lembar daun pandan
  •     Daun pisang untuk membungkus ( sebaiknya pisang batu)
  •     Tali dari benang katun.
Cara membuat  resep buras :
  1. Masak beras, daun pandan, santan dan garam hingga air terserap habis dan beras setengah matang ( beras aron) Dinginkan.
  2. Taruh 2 sdm beras aron ke atas daun pisang.
  3. Rapatkan bungkusan berbentuk persegianjang.
  4. Ikat  jadi satu setiap dua bungkus.
  5. Rebus selama 3 jam sampai matang. Tambahkan air perebusnya bila kurang.

Subscribe to receive free email updates: