Tips Membuat Kaldu Dalam Pembuatan Soto

Dalam beberapa resep soto ada yang menggunakan kaldu, yakni air rebusan dari daging, ayam atau ikan. Kaldu mempunyai peranan penting terhadap rasa soto. Kaldu yang lezat akan menghasilkan citarasa soto yang enak. Berikut petunjuk dalam membuat kaldu.


1. Untuk menghasilkan kaldu dengan citarasa yang lezat, gunakan perbandingan 2 : 1 antara cairan, baik itu air, santan, maupun susu dengan daging/tulang.

2. Agar menghasilkan kaldu daging atau ayam yang jernih, sebaiknya cuci daging/ tulang sampai bersih. Rebus selama lima menit dan buang air perebusan pertama yang banyak mengandung lemak, ganti dengan air yang baru, rebus lagi dengan air kecil sambil di skim (ambil secara pelan-pelan) busanya yang terapung. Lebih baik lagi jika menyaringnya dengan kain kasa/ saringan kawat halus agar kaldu yang dihasilkan jernih dan terbebas dari kotoran.

3. Kaldu yang harum dan lezat bisa diperoleh jika anda merebusnya dengan api kecil selama 1,5 - 2 jam, sehingga sari-sari dari tulang atau daging dapat keluar maksimal. Penambahan batang bawang,batang seledri, daun jeruk dan daun salam sangat membantu meningkatkan citarasa sop.

4. Gunakan batang daun bawang dan batang seledri yang berwarna putih. Jika batang yang hijau digunakan, air kaldu yang dihasilkan akan kehijauan karena larutnya klorofil kedalam cairan.

5. Jangan merebus terlalu lama untuk kaldu udang/ikan. Cita rasa manis khas kaldu dari udang/ikan akan hilang, sebaiknya tidak lebih dari 60 menit. Jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma manis.

6. Selalu menambahkan sayuran beberapa saat sebelum diangkat dan dihidangkan agar warna,tekstur dan rasa tetap baik dan segar. Kecuali untuk kacang-kacangan yang memerlukan waktu lama agar diperoleh tekstur yang empuk.

Subscribe to receive free email updates: